Minggu lalu ada Customer hubungi kami dan minta penawaran pemasangan sistem CCTV, tapi permintaan ini agak tidak biasa, jadi maunya Alat Perekamnya di taruh di rumah Bapak A tetapi cameranya tersebar di rumah Bapak A,B,C,D,E, masing-masing rumah 2 camera di halaman depan jadi ada 10 camera terhubung ke  satu alat perekam yang posisi nya di rumah Bapak A tadi. Biayanya mau patungan diantara 5 Kepala Keluarga itu.

Saya katakan hal itu bisa saja dilakukan meskipun ada batasan teknis panjang kabel yang diperbolehkan dari Alat perekam ke Camera, selama panjang kabel ini tidak dilampaui bisa saja dilakukan. Namun berdasarkan pengalaman saya akan terjadi sbb:

1. Biaya Instalasi akan menjadi mahal karena areanya cukup luas meliputi 5 rumah dalam 1 cluster itu sehingga butuh kabel yang panjang, Kedua, kabel harus dibungkus oleh pipa PVC dan dibentangkan diatas bentangan kawat baja / sling agar tidak bergerak gerak kena angin atau badai dan tidak rusak karena perubahan cuaca setiap hari.

2. Kemungkinan masalah sosial akan timbul, Alat perekam di rumah Bapak A, ada kejadian kecil di rumah Bapak B/C/D/E dan Bapak ini meminta ke Bapak A agar diambilkan rekamannya, apakah dalam jangka waktu panjang Bapak A tidak merasa direpotin oleh tetangga2 nya itu ? Kedua Bapak A punya akses intip camera2 di rumah para tetangganya itu sehingga privacy tetangganya akan terganggu.

Saran saya:
1. CCTV merupakan salah satu perangkat SECURITY SYSTEM tepatnya bagian dari Digital Security, pastikan Anda memasang kualitas camera beserta instalasinya yang memang mumpuni bukan abal2 an dan instalasi asal jadi tidak memperhatikan ketentuan seharusnya, hanya pokoknya punya lalu setelah 1 tahun gambar nya buram atau instalasi bermasalah” dan tidak dapat dipakai lagi.

2. CCTV di kawasan rumah tinggal / kantor pada dasaranya adalah alat keamanan lokasi pribadi, tidak seyogyanya orang yang tidak berkepentingan dapat melakukan akses ke camera yang kita pasang. Dalam kasus diatas apabila terjadi kehilangan di rumah tetangga maka Bapak A dimana lokasi alat perekam tersimpan, berpotensi diperiksa oleh Kepolisian lebih jelasn nya berpotensi dicurigai karena Bapak A memiliki akses camera ke tetangganya dimana TKP terjadi, yang dapat memantau ketika rumah kosong.

3. Dalam dunia CCTV pepatah “Harga tidak akan bohong” berlaku sangat, karena kita bicara kualitas Sensor penangkap gambar / Image Sensor yang akan aktif selama 24 jam tidak pernah mati, dimana semakin baik kualitasnya maka akan semakin tahan lama dan otomatis semakin tinggi harganya. Siapkan budget Anda untuk dapat membeli sistem yang memang mumpuni, kalau belum cukup mendingan Anda tunda dan tabung dulu daripada buang2 uang percuma.

4. Seyogyanya tampilan / hasil rekaman CCTV dapat memberikan detail yang diperlukan untuk bahan bukti penyidikan atas suatu perkara, Wajah orang harus jelas dikenali secara close up, Plat nomor mobil harus tetap terbaca saat di Zoom. Adalah percuma apabila ketika di zoom gambarnya pecah dan sulit mendeteksi wajah atau plat nomor mobil, lalu buat gaya2 an saja CCTV nya kalau demikian.

Hits: 25

error: Content is protected !!
WhatsApp chat